selamat datang

Selamat Datang Friend's,...:)

Semoga menikmati ^_^

Jumat, 10 Oktober 2014

Makalah Penelitian Kualitatif


BAB 1
PENDAHULUAN


A.     LATAR BELAKANG

Secara umum dalam dunia akademis khususnya dunia akademik bidang pendidikan dikenal akan adanya penelitian, sedangkan dalam dunia pendidikan yang umum dalam bahasan penelitiannya dikenal dua metode penelitian yaitu metode kualitatif dan kuantitatif.
Pada bahasan ini kita akan membahas apa itu yang dinamakan metode penelitian dalam dunia pendidikan yakni metode penelitian kualiatif yang untuk lebih jelasnya akan dibahas pada bab-bab selanjutnya

B.     RUMUSAN MASALAH

Untuk membatasi masalah penelitian, maka akan dibentuk rumusan masalah sebagai berikut:
1.      Apakah yang dimaksud dengan Penelitian Kualitatif?
2.      Bagaimanakah teknik pengambilan sampel dalam penelitian kualitatif?
3.      Bagaimanakah Instrumen penelitian metode kualitatif?
4.      Bagaimanakah teknik pengumpulan data metode kualitatif?
5.      Bagaimanakah teori-teori dalam penelitian kualitatif?
6.      Bagaimanakah masalah dalam penelitian kualitatif?

C.     TUJUAN PENULISAN

Makalah ini bertujuan memberikan pengetahuan dan wawasan bagi sendiri khususnya dan pembaca secara umum mengenai berbagai hal mengenai metode penelitian yang bersifat kualitatif.

D.     MANFAAT
Diharapkan dengan disusunnya makalah ini akan menambah wawasan dan pemahaman kita mengenai penelitian yang bersifat kualitatif.

BAB 2
PEMBAHASAN


A.     Pengertian Penelitian Kualitatif

Dalam buku Metodologi Penelitian Pendidikan: 13, Prof.Dr.Sugiono menyampaikan:
“Metode penelitian kualitatif dinamakan metode artistic, karena penelitian lebih bersifat seni (kurang berpola) dan disebut sebagai metode interpretative karena data hasil penelitian lebih berkenaan dengan interpretasi terhadap data yang ditemukan.”

Selanjutnya Prof.Dr.Sugiono dalam buku yang sama pada halaman berikutnya (15) menyebutkan:
“Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian dimana peneliti sebagai instrument kunci, teknik pengumpulan data trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat kualitatif.”

Jadi dapat disimpulkan bahwa penelitian kualitatif adalah penelitian yang analisis datanya bersifat kualitatif.

B.     Pengambilan Sampel Dalam Penelitian Kualitatif

Teknik pengembilan sampling dalam penelitian kualitatif yang paling sering digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling, penjelasannya adalah:
1.      Purposive Sampling: Pengambilan sample untuk tujuan tertentu, semisal sample dianggap orang yang paling tau, sebagai penguasa dll,
2.      Snowball Sampling: Pengambilan sample yang mulanya sample dengan jumlah sedikit lama kelamaan menjadi banyak, seperti bola salju yang menggelinding
Dalam penelitian kualitatif dua cara pengembilan sample tersebutlah yang paling sering digunakan yaitu purposive sampling dan snowball sampling.




C.     Instrumen Penelitian Metode Kualitatif

Dalam buku Metodologi Penelitian Pendidikan: 306, Nasution (1998) Menyatakan:
“Dalam penelitian kualitatif, tidak ada pilihan lain daripada menjadikan manusia sebagai instrument penelitian utama. Alasannya ialah bahwa segala seuatunya belum mempunyai bentuk yang pasti. Masalah, focus penelitian, prosedur penelitian, hipotesis yang digunakan, bahkan hasil yang diharapkan itu semuanya tidak dapat ditentukan secara pasti dan jelas sebelumnya. Segala sesuatu masih perlu dikembangkan sepanjang penelitian itu. Dalam keadaan yang tidak pasti dan tidak jelas itu, tidak ada pilihan lain dan hanya penelitian itu sendiri sebagai alat satu-satunya yang dapat mencapainya.”
Jadi dapat disimpulkan bahwa instrument penelitian utamanya adalah manusia sebagai peneliti itu sendiri.
D.     Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif
Dalam metode penelitian kualitatif, teknik penelitian data yang umum atau lazim digunakan adalah teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, selai itu ada juga teknik pengumpulan data dengan cara triangulasi yakni menggabungkan tiga teknik pengambilan data diatas (observasi, wawancara dan dokumentasi)
Dalam buku Metodologi Penelitian Pendidikan: 309 Prof.Dr. Sugiono menyampaikan:
“Dalam penelitian kualitatif teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi berperanserta, wawancara mendalam dan dokumentasi”
E.     Teori Dalam Penelitian Kualitatif
Dalam buku Metodologi Penelitian Pendidikan:295, Prof.Dr.Sugiono menyebutkan:
“Kalau dalam penelitian kuantitatif itu bersifat menguji hipotetesis atau teori, sedangkan dalam penelitian kualitatif menemukan teori”
Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa dalam penelitian kualitatif sifatnya adalah menemukan teori berbeda dengan metode penelitian kuantitatif yang sifatnya menguji teori.



BAB 3
PENUTUP
A.     KESIMPULAN

Penelitian kualitatif adalah penelitian yang analisis datanya bersifat kualitatif, Teknik pengembilan sampling dalam penelitian kualitatif yang paling sering digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling, penjelasannya adalah:
1.      Purposive Sampling: Pengambilan sample untuk tujuan tertentu, semisal sample dianggap orang yang paling tau, sebagai penguasa dll,
2.      Snowball Sampling: Pengambilan sample yang mulanya sample dengan jumlah sedikit lama kelamaan menjadi banyak, seperti bola salju yang menggelinding
Instrument penelitian utamanya adalah manusia sebagai peneliti itu sendiri, Dalam penelitian kualitatif teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi berperanserta, wawancara mendalam dan dokumentasi, Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa dalam penelitian kualitatif sifatnya adalah menemukan teori berbeda dengan metode penelitian kuantitatif yang sifatnya menguji teori.

B.     Saran

Metodologi penelitian memiliki kaidah atau aturan dan tata cara termasuk di dalamnya adalah metode penelitian kualiatif, hendaknya kita apabila melaksanakan penelitian adalah yang sesuai dengan kaidah dan tatacara yang telah ditentukan.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feedbacknya,,,kami tunggu kawan :)