BAB 1
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Secara umum
dalam dunia akademis khususnya dunia akademik bidang pendidikan dikenal akan
adanya penelitian, sedangkan dalam dunia pendidikan yang umum dalam bahasan
penelitiannya dikenal dua metode penelitian yaitu metode kualitatif dan
kuantitatif.
Pada bahasan
ini kita akan membahas apa itu yang dinamakan metode penelitian dalam dunia
pendidikan yakni metode penelitian kualiatif yang untuk lebih jelasnya akan
dibahas pada bab-bab selanjutnya
B.
RUMUSAN MASALAH
Untuk membatasi
masalah penelitian, maka akan dibentuk rumusan masalah sebagai berikut:
1.
Apakah yang dimaksud dengan Penelitian Kualitatif?
2.
Bagaimanakah teknik pengambilan sampel dalam penelitian kualitatif?
3.
Bagaimanakah Instrumen penelitian metode kualitatif?
4.
Bagaimanakah teknik pengumpulan data metode kualitatif?
5.
Bagaimanakah teori-teori dalam penelitian kualitatif?
6.
Bagaimanakah masalah dalam penelitian kualitatif?
C.
TUJUAN PENULISAN
Makalah ini
bertujuan memberikan pengetahuan dan wawasan bagi sendiri khususnya dan pembaca
secara umum mengenai berbagai hal mengenai metode penelitian yang bersifat
kualitatif.
D.
MANFAAT
Diharapkan
dengan disusunnya makalah ini akan menambah wawasan dan pemahaman kita mengenai
penelitian yang bersifat kualitatif.
BAB 2
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Penelitian Kualitatif
Dalam buku Metodologi
Penelitian Pendidikan: 13, Prof.Dr.Sugiono menyampaikan:
“Metode
penelitian kualitatif dinamakan metode artistic, karena penelitian lebih
bersifat seni (kurang berpola) dan disebut sebagai metode interpretative karena
data hasil penelitian lebih berkenaan dengan interpretasi terhadap data yang
ditemukan.”
Selanjutnya
Prof.Dr.Sugiono dalam buku yang sama pada halaman berikutnya (15) menyebutkan:
“Metode
penelitian kualitatif adalah metode penelitian dimana peneliti sebagai
instrument kunci, teknik pengumpulan data trianggulasi (gabungan), analisis
data bersifat kualitatif.”
Jadi dapat
disimpulkan bahwa penelitian kualitatif adalah penelitian yang analisis datanya
bersifat kualitatif.
B.
Pengambilan Sampel Dalam Penelitian Kualitatif
Teknik
pengembilan sampling dalam penelitian kualitatif yang paling sering digunakan
adalah purposive sampling dan snowball sampling, penjelasannya adalah:
1.
Purposive Sampling: Pengambilan sample untuk tujuan tertentu,
semisal sample dianggap orang yang paling tau, sebagai penguasa dll,
2.
Snowball Sampling: Pengambilan sample yang mulanya sample dengan
jumlah sedikit lama kelamaan menjadi banyak, seperti bola salju yang
menggelinding
Dalam
penelitian kualitatif dua cara pengembilan sample tersebutlah yang paling
sering digunakan yaitu purposive sampling dan snowball sampling.
C.
Instrumen Penelitian Metode Kualitatif
Dalam buku Metodologi
Penelitian Pendidikan: 306, Nasution (1998) Menyatakan:
“Dalam
penelitian kualitatif, tidak ada pilihan lain daripada menjadikan manusia
sebagai instrument penelitian utama. Alasannya ialah bahwa segala seuatunya
belum mempunyai bentuk yang pasti. Masalah, focus penelitian, prosedur
penelitian, hipotesis yang digunakan, bahkan hasil yang diharapkan itu semuanya
tidak dapat ditentukan secara pasti dan jelas sebelumnya. Segala sesuatu masih
perlu dikembangkan sepanjang penelitian itu. Dalam keadaan yang tidak pasti dan
tidak jelas itu, tidak ada pilihan lain dan hanya penelitian itu sendiri
sebagai alat satu-satunya yang dapat mencapainya.”
Jadi dapat
disimpulkan bahwa instrument penelitian utamanya adalah manusia sebagai
peneliti itu sendiri.
D.
Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif
Dalam metode penelitian kualitatif, teknik penelitian data yang
umum atau lazim digunakan adalah teknik pengumpulan data dengan cara observasi,
wawancara dan dokumentasi, selai itu ada juga teknik pengumpulan data dengan
cara triangulasi yakni menggabungkan tiga teknik pengambilan data diatas
(observasi, wawancara dan dokumentasi)
Dalam buku Metodologi Penelitian Pendidikan: 309 Prof.Dr.
Sugiono menyampaikan:
“Dalam penelitian kualitatif teknik pengumpulan data lebih banyak
pada observasi berperanserta, wawancara mendalam dan dokumentasi”
E.
Teori Dalam Penelitian Kualitatif
Dalam buku Metodologi Penelitian Pendidikan:295, Prof.Dr.Sugiono
menyebutkan:
“Kalau dalam penelitian kuantitatif itu bersifat menguji
hipotetesis atau teori, sedangkan dalam penelitian kualitatif menemukan teori”
Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa dalam penelitian kualitatif
sifatnya adalah menemukan teori berbeda dengan metode penelitian kuantitatif
yang sifatnya menguji teori.
BAB 3
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Penelitian
kualitatif adalah penelitian yang analisis datanya bersifat kualitatif, Teknik
pengembilan sampling dalam penelitian kualitatif yang paling sering digunakan
adalah purposive sampling dan snowball sampling, penjelasannya adalah:
1.
Purposive Sampling: Pengambilan sample untuk tujuan tertentu,
semisal sample dianggap orang yang paling tau, sebagai penguasa dll,
2.
Snowball Sampling: Pengambilan sample yang mulanya sample dengan
jumlah sedikit lama kelamaan menjadi banyak, seperti bola salju yang
menggelinding
Instrument
penelitian utamanya adalah manusia sebagai peneliti itu sendiri, Dalam
penelitian kualitatif teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi
berperanserta, wawancara mendalam dan dokumentasi, Jadi dapat diambil
kesimpulan bahwa dalam penelitian kualitatif sifatnya adalah menemukan teori
berbeda dengan metode penelitian kuantitatif yang sifatnya menguji teori.
B.
Saran
Metodologi
penelitian memiliki kaidah atau aturan dan tata cara termasuk di dalamnya
adalah metode penelitian kualiatif, hendaknya kita apabila melaksanakan
penelitian adalah yang sesuai dengan kaidah dan tatacara yang telah ditentukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Feedbacknya,,,kami tunggu kawan :)