selamat datang

Selamat Datang Friend's,...:)

Semoga menikmati ^_^

Senin, 08 Oktober 2012

Contoh RPP Al Qur'an hadits 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NamaSekolah              : MAN Banjar
Mata Pelajaran            : Al Qur’an danhadits
Kelas / Semester          : XI IPA dan IPS
MateriPembelajaran    : Ayat Al-Quran mengenaimenjagakelestarianhidupQ.S Sod:     
27-28
MetodePembelajaran  : Ceramah, tanyajawab, pemberiantugas, diskusi
Waktu                         : 2 x 45 menit (1x pertemuan)

A.        STANDAR KOMPETENSI
            Memahami ayat-ayat Al-Qura’n tentang perintah menjaga kelestarian hidup
B.        KOMPETENSI DASAR
2.1  Mengartikan Q.S Sod: 27-28    
2.2  Menjelaskan kandungan Q.S Sod: 27-28    
 2.3  Menunjukan perilaku orang yang mengamalkan Q.S Sod: 27-28    
2.4  MenerapkanperilakumenjagakelestarianlingkunganhidupsebagaimanaterkandungdalamQ.S Sod: 27-28    
C.        INDIKATOR
Ø  Dapat mengartikan Q.S Sod: 27-28    
Ø  Dapat menjelaskan kandungan Q.S Sod: 27-28    
Ø  Dapat menunjukan perilaku orang yang mengamalkan Q.S Sod: 27-28
Ø  DapatmenerapkanperilakumenjagakelestarianlingkunganhidupsebagaimanaterkandungdalamQ.S Sod: 27-28
D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
·         Menjelaskan apa yang dimaksudkan dengan menjaga kelestarian lingkungan
·         Menunjukan perilaku menjaga kelestarian lingkungan
·         Menerapkan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup

Karakter siswa yang diharapkan  :  Perdulibertanggungjawab dan perduliterhadaplingkungan










E.        URAIAN MATERI PEMBELAJARAN
Artinya : “Dan kami tidakmenciptakanlangitdanbumidanapa yang adadiantarakeduanyatanpahikmah. Yang demikianadalahanggapan orang-orang kafir, makacelakalah orang-orang kafiritukarenamerekaakanmasukneraka.”. Patutkah Kami menganggap orang-orang yang berimandanmengerjakanamal yang salehsamadengan orang-orang yang berbuatkerusakan di mukabumi? Patutkah (pula) Kami menganggap orang- orang yang bertakwasamadengan orang-orang yang berbuatma’siat? (QS Sad : 27 -28)
2 Isi kandungan
Allah SWT menjelaskanbahwadiamenjadilaknlangit, bumidanmakhlukapasaja yang beradadiantaranyatidaksia-sia. Langitdengansegalabintang yang menghiasi, matahari yang memancarkansinarnya di waktusiang, danbulan yang menampakkanbentuknya yang berubah-ubahdarimalamkemalamsertabumitemapttinggalmanusia, baik yang tampakdipermukaannyamaupun yang tersimpandidalamnya, sangatbesarartinyabgikehidupanmanusia. Kesemuanyaitudiciptakan Allah ataskekuasaandankehendaknyasebagairahmat yang takternilaiharganya.
Allah memberikanpertanyaanpadamanusia. Apakhasama orang yang berimandanberamalsalehdengan orang yang berbuatkerusakan di mukabumidanjugaapakahsamaantara orang yang bertakwadengan orang yang berbuatmaksiat? Allah SWT menjelaskanbahwadiantarakebijakan Allah ialahtidakakanmenganggapsamaparahambanya yang melakukankebaikandengan orang-orang yang terjerumus di lembahkenistaan. Allah SWT menjelaskanbahwatidakpatutlahbagizatNyadengansegalakeagunganNya, menganggapsamaantarahamba-hambanya yang berimandanmelakukankebaikandengan orang-orang yang mengingkarikeesaannyalagimemperturutkanhawanafsu.
Merekainitidakmaumengikutikeesaan Allah, kebenaranwahyu, terjadinyaharikebangkitandanharipembalasan. Olehkarenaitu, merekajauhdarirahmat Allah sebagaiakibatdarimelanggarlarangan-larangannya. Merekatidakmeyakinibahwamerekaakandibangkitkankembalidaridalamkuburnyadanakandihimpundipadangmahsyaruntukmempertanggungjawabkanperbuatannyasehinggamerekaberanizalimterhadaplingkungannya.
Allah menciptakanlangitdanbumidengansebenar-benarnyahanyauntukkepentinganmanusia. ManusiadiciptakanNyauntukmenjadikhalifah di mukabumiinisehinggawajibuntukmenjagaapa yang telahdikaruniakan Allah SWT.

F.         LANGKAH-LANGKAH  PEMBELAJARAN
1.     Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
F Apersepsi : Berdo’a, mengabsen
F Motivasi :
-Mengarahkansiswakepadapembelajaran yang lebihbaik
2.     Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menuliskan ayat al-Qur’an mengenai menjaga kelestarian lingkungan hidup Q.S Sod: 27-28    
F Membacakan arti Q.S Sod: 27-28   
Menjelaskan arti dan kandungan Q.S Sod: 27-28    
§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberikesempatanuntukberpikirdanmenganalisis
F MemberikankesempatansiswauntukbertanyamengenaiayatmenjagakelestarianlingkunganhidupQ.S Sod:27-28
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F SiswamenghapalsuratSod; 27-28 dan guru memperhatikanhapalansiswa
F Guru memberikantugasrumahkepadasiswauntukmenullis Qur’an Al-Furqon: 45-50danartinya
F Menutupdengansalam

G.        ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.     Buku kebenaran al-Qura’n dan hadits untuk kelas XI Madrasah Aliyah
2.     Buku sumber lain yang relevan
3.     Al Qura’n dan tafsir

H.        PENILAIAN 
Lisan: SiswamenghapalkansuratSod 27-28
Tulisan: Terlampir






















Guru Pamong




(IDA NURHAIDA, S.Ag)
NIP: -

Banjar, 19 September 2012
Praktikan PPL




(PAMUNGKAS BIRAWA )


Mengetahui,
Kepala MAN Banjar




(Drs. ZAENAL MUTAQIN)
NIP. 196505111992031003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feedbacknya,,,kami tunggu kawan :)