RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NamaSekolah : MAN Banjar
Mata Pelajaran :
Al Qur’an danhadits
Kelas / Semester :
XI IPA dan IPS
MateriPembelajaran : Ayat Al-Quran
mengenaimenjagakelestarianhidupQ.S Sod:
27-28
MetodePembelajaran : Ceramah,
tanyajawab, pemberiantugas, diskusi
Waktu : 2 x 45 menit (1x
pertemuan)
A. STANDAR
KOMPETENSI
Memahami ayat-ayat
Al-Qura’n tentang perintah menjaga kelestarian hidup
B. KOMPETENSI
DASAR
2.1
Mengartikan Q.S Sod: 27-28
2.2
Menjelaskan kandungan Q.S Sod: 27-28
2.3 Menunjukan perilaku orang yang mengamalkan Q.S
Sod: 27-28
2.4
MenerapkanperilakumenjagakelestarianlingkunganhidupsebagaimanaterkandungdalamQ.S
Sod: 27-28
C. INDIKATOR
Ø Dapat mengartikan Q.S
Sod: 27-28
Ø Dapat menjelaskan kandungan Q.S
Sod: 27-28
Ø Dapat menunjukan perilaku
orang yang mengamalkan Q.S Sod: 27-28
Ø DapatmenerapkanperilakumenjagakelestarianlingkunganhidupsebagaimanaterkandungdalamQ.S
Sod: 27-28
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Menjelaskan apa yang dimaksudkan dengan menjaga kelestarian lingkungan
·
Menunjukan perilaku menjaga kelestarian lingkungan
·
Menerapkan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup
Karakter siswa yang diharapkan : Perdulibertanggungjawab dan
perduliterhadaplingkungan
E. URAIAN
MATERI PEMBELAJARAN
Artinya : “Dan
kami tidakmenciptakanlangitdanbumidanapa yang adadiantarakeduanyatanpahikmah.
Yang demikianadalahanggapan orang-orang kafir, makacelakalah orang-orang
kafiritukarenamerekaakanmasukneraka.”. Patutkah Kami menganggap orang-orang
yang berimandanmengerjakanamal yang salehsamadengan orang-orang yang
berbuatkerusakan di mukabumi? Patutkah (pula) Kami menganggap orang- orang yang
bertakwasamadengan orang-orang yang berbuatma’siat? (QS Sad : 27 -28)
2 Isi kandungan
Allah SWT
menjelaskanbahwadiamenjadilaknlangit, bumidanmakhlukapasaja yang
beradadiantaranyatidaksia-sia. Langitdengansegalabintang yang menghiasi,
matahari yang memancarkansinarnya di waktusiang, danbulan yang
menampakkanbentuknya yang berubah-ubahdarimalamkemalamsertabumitemapttinggalmanusia,
baik yang tampakdipermukaannyamaupun yang tersimpandidalamnya,
sangatbesarartinyabgikehidupanmanusia. Kesemuanyaitudiciptakan Allah
ataskekuasaandankehendaknyasebagairahmat yang takternilaiharganya.
Allah memberikanpertanyaanpadamanusia.
Apakhasama orang yang berimandanberamalsalehdengan orang yang berbuatkerusakan
di mukabumidanjugaapakahsamaantara orang yang bertakwadengan orang yang
berbuatmaksiat? Allah SWT menjelaskanbahwadiantarakebijakan Allah
ialahtidakakanmenganggapsamaparahambanya yang melakukankebaikandengan
orang-orang yang terjerumus di lembahkenistaan. Allah SWT
menjelaskanbahwatidakpatutlahbagizatNyadengansegalakeagunganNya,
menganggapsamaantarahamba-hambanya yang berimandanmelakukankebaikandengan orang-orang
yang mengingkarikeesaannyalagimemperturutkanhawanafsu.
Merekainitidakmaumengikutikeesaan Allah,
kebenaranwahyu, terjadinyaharikebangkitandanharipembalasan. Olehkarenaitu,
merekajauhdarirahmat Allah sebagaiakibatdarimelanggarlarangan-larangannya. Merekatidakmeyakinibahwamerekaakandibangkitkankembalidaridalamkuburnyadanakandihimpundipadangmahsyaruntukmempertanggungjawabkanperbuatannyasehinggamerekaberanizalimterhadaplingkungannya.
Allah
menciptakanlangitdanbumidengansebenar-benarnyahanyauntukkepentinganmanusia.
ManusiadiciptakanNyauntukmenjadikhalifah di
mukabumiinisehinggawajibuntukmenjagaapa yang telahdikaruniakan Allah SWT.
F. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
F Apersepsi : Berdo’a, mengabsen
F Motivasi :
-Mengarahkansiswakepadapembelajaran
yang lebihbaik
2. Kegiatan
Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menuliskan ayat al-Qur’an
mengenai menjaga kelestarian lingkungan hidup Q.S Sod: 27-28
F Membacakan arti Q.S
Sod: 27-28
Menjelaskan arti dan kandungan
Q.S Sod: 27-28
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberikesempatanuntukberpikirdanmenganalisis
F MemberikankesempatansiswauntukbertanyamengenaiayatmenjagakelestarianlingkunganhidupQ.S
Sod:27-28
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F SiswamenghapalsuratSod;
27-28 dan guru memperhatikanhapalansiswa
F Guru
memberikantugasrumahkepadasiswauntukmenullis Qur’an Al-Furqon: 45-50danartinya
F Menutupdengansalam
G. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Buku kebenaran
al-Qura’n dan hadits untuk kelas XI Madrasah Aliyah
2. Buku
sumber lain yang relevan
3. Al
Qura’n dan tafsir
Lisan:
SiswamenghapalkansuratSod 27-28
Tulisan:
Terlampir
Guru Pamong
(IDA NURHAIDA,
S.Ag)
NIP: -
|
|
Banjar, 19 September 2012
Praktikan PPL
(PAMUNGKAS
BIRAWA )
|
Mengetahui,
Kepala MAN
Banjar
(Drs. ZAENAL
MUTAQIN)
NIP.
196505111992031003
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Feedbacknya,,,kami tunggu kawan :)