selamat datang

Selamat Datang Friend's,...:)

Semoga menikmati ^_^

Senin, 21 November 2011

Makalah: Macam-macam sholat sunnah dan keutamaannya


BAB 1
Pendahuluan


Latar Belakang

Ilmu Fiqh adalah ilmu yang sangat penting bagi Mahasiswa PAI, karena dengan Ilmu Fiqh mahasiswa dapat mengetahui bagaimanakah hukum dari sesuatu, dalam ISLAM hukum terbagi menjadi lima, yaitu wajib, sunah, makruh, mubah dan haram.

Dalam Ilmu Fiqh membahas bab sholat, sholat itu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu sholat fardhu dan sholat sunnah, sholat fardhu adalah wajib hukumnya dan sholat sunnah hukumnya sunnah, mari kita kali ini akan membahas bab tentang sholat sunnah.

Rumusan Masalah

1.      Apakah yang di maksud dengan sholat sunnah??
2.      Bagaimanakah macam-macam Sholat sunnah dan kegunaannya untuk apa??

Tujuan

Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk agar supaya mengetahui bagaimanakan atau apa yang dimaksud dengan sholat sunnah dan apa saja kegunaan dari sholat sunnah tersebut, sehingga kita bisa mengetahui apa yang di maksud dengan sholat sunnah itu.

Bab II
Isi


Pengertian Sholat sunnah

Pengertian sholat adalah bentuk peribadatan kepada Alloh SWT yang di mulai dengan tabir dan di akhiri dengan salam.
Sedangkan pengertian sunnah itu adalah suatu perkara yang apabila di kerjakan mendapatkn pahala, dan apabila di tinggalkan tidak mendapatkan suatu dosa.
Sehingga pengertian sholat sunnah apabila di lihat dari definisi di atas adalah suatu bentuk perIbadatan kepada Alloh yang di mulai dari takbir dan di akhiri dengan salam yang hukumnya sunnah yaitu apabila di kerjakan mendapatkan pahala dan apabila di tinggalkan tidak mengapa ataupun tidak mendapat dosa.

Macam dan kegunaan atau fungsi dari macam-macam sholat sunnah
1.Sholat Sunnah Fajar
Sholat sunnah sebelum fajar yaitu solat sunnah dua rokaat sebelu sholat subuh di laksanakan, adapaun fungsinya atau fadhilahnya bahwa sholat sunnah fajar itu lebih baik dari dunia dan isinya (Al Hadits)
2.Sholat sunnah jenazah adalah sholat sunnah yang di laksanakan ketika ada orang yang meninggal dunia, manfaat atau kegunaannya adalah dalam rangka mendoakan orang yang sudah meninggal
3. Sholat sunnah Istikharoh
Sholat sunnah istikharoh adalah sholat sunnah katikakita dihadapkan pada dua pilihan, fungsinya adalah kita minta di bulatkan hati kepada Alloh SWT tentang suatu perkara yang kita pilih dari dua perkara.
3. Sholat sunnah taubat
Sholat sunnah taubat adalah sholat sunnah yang di lakukan setelah kita melakukan suatu perbuatan dosa,fungsinya adalah agar kita di ampuni Alloh dari segala yang kita lakukan berupa dosa
4.Sholat sunnah hajat
Sholat sunnah hajat adalah sholat sunnah yang di lakukan ketika kita ada suatu hajat atau keperluan, fungsinya adalah kita meminta kepada Alloh SWT Agar hajat kita dipenuhi.
5.Sholat sunnah tarawih
Sholat sunnah tarawih adalah sholat sunnah yang di lakukan pada malam hari di bulan Ramadhan, sholat tarawih ini agar supaya kita mendapatkan tambahan pahala lebih dari Alloh SWT di bulan Ramadhan.
6.Sholat sunnah Istisqo
Sholat sunnah Istisqo adalah solat sunnah yang di lakukan setiap kita akan meminta hujan pada Alloh SWT, fungsinya adalah supaya kita diturunkan hujan.
7.Sholat sunah tasbih
Sholat sunnah tasbih adalah sholat sunnah yang kita mmbaca tasbih di dalam sholat tersebut dan fungsinya adalah menghapuskan dosa-dosa yang telah kita lakukan
8. Sholat sunnah tahajud
Sholat sunnah tahajud adalah sholat sunnah yang di laksanakan pada sepertiga malam yang terakhir setelah kita tidur untuk sejenak, manfaatnya adalah untuk mendekatkan diri pada Alloh dan agar terkabulnya doa yang kita panjatkan.


Bab 3
Penutup
Kesimpulan

Sholat sunnah adalah sholat yang apabila di kerjakan kita mendapatkan tambahan pahala dan apabila tidak di kerjakan maka tidak mengapa bagi kita dan kita tidak mendapatkan dosa.
Ada beberapa sholat sunnah seperti sholat sunnah fajar, sholat jenazah, sholat istikharoh, dan sholat tahajud
Saran
Sholat sunnah akan mendapatkan pahala apabila di kerjakan, maka apabila kita ingin mendapatkan pahala tambahan di samping sholat wajib dapat di laksanakan dengan melakukan sholat sunnah, wallohu a’lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feedbacknya,,,kami tunggu kawan :)